Balada Kepulangan Anak Rantau

by - 10:28


Fiuuuuuhhhh~ *tiup tiup debu *bersihin sarang laba2

Haloow, akhirnya bisa nulis lagi. Meskipun lagi libur, banyak waktu luang tapi rasa malas untuk kembali menggoyangkan jemari ini begitu tidak tertahankan *sigh *ngusir setan males

Anyway ini lagi bulan puasa loh, mohon maaf kalo ada salah dalam perbuatan maupun perkataan terkhusus buat pemirsa di jagad social media apapun *sungkem ke pembaca*
Eiya, sekarang gue lagi di rumah, iya di Jakarta setalah berbulan-bulan ngerjain laporan di kota orang. Senangnya akhirnya bisa ngumpul bareng keluarga dan bertemu teman-teman lagi. Ngomong-ngomong soal liburan, kalo lo pergi lama entah itu ngerantau atau sekedar liburan pasti banyak yang nanyain kapan lo balik. Nah gitu juga sama gue.

BT banget ga sih, pas masih di tempat rantauan yang notabene jauh dari keluarga, saudara dan temen-temen sepermainan ditanyain kapan balik mulu, eh pas udah balik trus diajakin ketemu maen ada aja alesannya. Gini nih jadi anak rantau menjelang kepulangan, ada aja temen atau sodara yang kelakuannya, hmmm. Yukdeh langsung aja di liat
1. Basa Basi Doang
Ini tipe pertama yang paling sering gue temuin. Banyak orang yang entah beneran nanya apa cuma basa basi doang biar ada obrolan. Niatnya sih emang baik, biar kita tetep ada komunikasi walaupun tiap sms atau mention atau apa gitu cuma itu doang yang diomongin, trus abis itu udah, obrolan kelar. Gak klimaks banget kan? Bete kan? Ngga? Yaudah serah lu dah -_-

2. Nungguin Oleh-Oleh
Sialnya jadi gue atau mungkin juga dialamin sama lo yang jadi anak rantau, tiap ada temen atau siapapun yang nanya “eh lo kapan balik?” Pasti setelahnya diikuti oleh pernyataan “jangan lupa oleh-oleh yaaa” c’mon gayssss, lo nungguin gue apa si oleholeh? yang jadi temen lo, gue apa si oleh-oleh?
Nah belum lama ini gue ngalamin kejadian gak enakin nih soal oleh-oleh pas gue baru balik beberapa waktu lalu.
Jadi ceritanya pas banget hari itu gue baru banget balik dan nyampe rumah, singkat cerita ada kerabat main ke rumah karena mau jengukin eyang gue yang lagi sakit, Nah kebetulan ada gue yang emang baru nyampe Jakarta lagi mau istirahat. Cium tangan dong gue, secara doi lebih tua dan gue juga udah lama banget gak ketemu dia. Pas abis cium tangan dia nanya gini
x : Ega bawa pempek?
g : *muka cengo, speechless* ..ha? Pempek? Oh iya bawa, gak banyak tapi… “
x :  Kue lapis bawa juga ga?
g : Ngg… ngga, ga ada. Kalo mau beli juga mahal
x : Emang berapa kalo beli? 
g : Gatau, ga pernah beli juga soalnya -____-
yang bikin kesel adalah, ini orang, komunikasi gak pernah, ketemu apalagi, jarang maen ke rumah, tau-tau pas ketemu nanyainnya begituan. Orang kaya gini tuh cocok banget kalo pantatnya lu kasih ke uler di palanya Medusa, trus mukanya lo samber petirnya Zeus ( ._.)/|medusa|

3. Rencana Tapi Berujung Wacana
Banyak rencana yang udah lo atur jauh-jauh hari sebelum kepulangan ke tempat asal lo. Banyak juga temen yang udah ngetep-in buat quality time sama lo. Mau ketemu lah, mau makan ini lah, mau ke tempat itu lah, mau begini, mau begitu, kesana, kesini, macem-macem lah yaa, ngelakuin hal yang udah lama gak lo lakuin bareng2 trus pengen diulang lagi. But, in fact that’s nothing. Pas udah di kota asal masing-masing sibuk sama urusannya, gak dapet waktu yang pas sampe akhirnya balik lagi ke rantauan. Biasanya sih emang gitu, kalo udah rencana cuman berujung jadi wacana doang. 

4. Mereka yang Beneran Kangen
Gue gatau kalo yang ini, ga ada yang tulus kalo menurut gue. Tapi gue yakin, walaupun gak banyak tapi pasti ada orang-orang kaya gini di sekitar kalian. Orang-orang yang emang nungguin kalian dengan atau tanpa oleh-oleh, yang ngubungin kalian gak cuma basa basi mau nanyain “kapan pulang?” dan bukan orang yang janji ngajak lo kesana kemari kalo lo pulang tapi ujungnya gak jadi. Iya ada kok, bokap nyokap keluarga lo.

5. Mereka yang Gak Pengen Lo Balik
Sebagian cuma basa basi, sebagian cuma nungguin oleh-oleh, sebagian php-in lo, sebagian beneran kangen dan sisanya gak pengen lo balik. Entah orang disana yang pengen lo sama-sama dia terus, atau orang di daerah asal lo yang gak pengen ada lo balik. Haha waulohualam o:)

Jadi, kalo kalian lagi di posisi anak rantau kalian paling sebel sama yang mana? Trus kalo kalian lagi nunggu, kalian termasuk yang mana? Hayoo

You May Also Like

0 komentar