Perjalanan Menuju KKN 2014

by - 14:08

Kuliah Kerja Nyata, atau biasa disingkat KKN merupakan 4 satuan kredit yang wajib dijalani oleh mahasiswa tingkat tiga yang tengah menyelesaikan studi di jurusan Teknologi Pertanian Universitas Sriwijaya. KKN Tematik adalah tipe yang dipilih oleh jurusan gue ini di setiap tahunnya dan biasanya dilakukan di liburan akhir semester genap. Gitu.

Setelah ribut sana sini akhirnya dapet juga kepastian perihal lokasi dan kelompok KKN. Ada 4 wilayah yang diperkirakan bakal jadi lokasi KKN tahun ini, di antara ke-4 nya ada 1 tempat yang paling jauh dan paling di-ogah-in sama anak-anak yang lain, yaitu Cengal. Feeling gue udah ga enak sih dari awal dikasih tau di mana-mana aja tempatnya. Eh kan, bener aja, "....Desi, anu, anu, anu, dll.... di Cengal" ujar salah seorang teman  menyampaikan. Gue cuma bisa ketawa pasrah saat itu denger komentar anak-anak se-gazebo. Sejujurnya gue gak masalah mau ditempatkan di lokasi yang mana, karena jauh deket sama aja buat gue, kalaupun gue dapet lokasi yang deket toh gue juga baliknya ke kosan. Masalah yang gue pikirin cuma satu, siapa aja kelompok gue? Well, ini penting, karena gue bakal ngabisin lebih dari satu bulan sama mereka.

Berbicara soal kelompok, ada 26 orang termasuk gue di dalamnya yang terpilih untuk menjalani KKN di Kecamatan Cengal. 26 orang ini akan dibagi menjadi tiga kelompok untuk masing-masing ditempatkan di tiga desa berbeda yaitu desa Sungai Lumpur, Sungai Jeruju dan Sungai Pasir. Beberapa hari setelahnya barulah akhirnya dikabarkan kalo gue dapet lokasi di desa Sungai Lumpur bareng sama 7 orang lainnya. "Semoga bisa diajak kerja sama", doa gue dalem hati pas dikasih tau siapa-siapa aja yang sekelompok. Persiapan buat KKN ini gak terlalu ribet, paling packing yang gue malesin di setiap mau pergi.

13 Juni 2014
Lupa jam berapa tepatnya gue dijemput keluar dari kosan buat ngumpul di meeting point pertama untuk kemudian berangkat bareng menuju Palembang. Sampai di Palembang ternyata bis yang kita tumpangi gak dibolehin untuk masuk ke dalem kampus Unsri Bukit tempat tujuan meeting point kedua. Alhasil kita gak masuk dan memilih nunggu di trotoar depan karena banyaknya barang yang bakal repot ngangkutnya kalo kita bawa ke dalem. Setelah cukup lama ngegembel di depan kampus Unsri di Bukit lengkap dengan banyak koper, beras lebih dari sekarung, baskom dan barang-barang lainnya, bis yang ditunggu untuk menuju tempat berikutnya akhirnya datang juga.

11.00 wib
Satu bis yang lebih layak disebut metromini ini diisi kurang lebih 20an orang, kemudian kita dengan seabrek barang di bis berangkat menuju meeting point ketiga yaitu Tulung Selapan. FYI, Tulung Selapan ini adalah salah satu kecamatan yang ada di wilayah Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Perjalanan menuju lokasi cukup jauh, medan yang dilewati pun lumayan sulit. Gak ada pemandangan yang berarti selama di jalan, beberapa kali melewati perkampungan dan sisanya hanya hutan, Masalah yang dihadapi saat itu adalah perut lapar, sinyal mulai hilang dan perkara bis yang sempat pecah ban. Kita sampai di kecamatan Tulung Selapan setelah berada di dalam bis selama kurang lebih 5 jam. Lelah, coy. Turun dari bis kita semua langsung bongkar barang-barang dan melakukan persiapan untuk menuju lokasi yang sebenarnya, Cengal.

Gb.1. Potret perjalanan menuju Tulung Selapan
Gb.2. Baru turun bis dan langsung bongkar muatan
Gb.3. KKN rasa pindah rumah
16.00 wib
Jadi dari Tulung Selapan ini kita bakal naik speedboat menuju Cengal. Kebayang ga sih gimana ribetnya kita waktu bongkar muatan yang gak sedikit itu? Segala dari printer, bahan makanan macem telor, sampai barang keperluan rumah tangga mulai dari pisau, mangkok-mangkok kecil, sapu, galon, tabung gas, bahkan canting buat beras itu juga ada. Itu koper juga isinya bukan satu dua helai baju, ya iyalah ya kalo cuma segitu ngapain bawa koper segede gaban. Kalo rumah bisa dibawa gue rasa bakal dibawa.

Gb.4. Dermaga Tulung Selapan

Gb.5 Partner masak di Sungai Lumpur
Setelah bongkar, angkut dan nyusun barang lagi di speedboat, kita semua berangkat ke Cengal. Ada 3 boat yang berangkat nganter kita. Abis 5 jam lewat jalur darat yang amburegul-bahrelwey-bahrelwey jalannya, kali ini kita akan melewati jalur laut yang gak singkat. Iya, perjalanan dari Tulung Selapan ke Cengal itu kurang lebih 4 jam-an. Ini Sumsel yang emang luas apa gue yang kelamaan tinggal di Jakarta yang mungil? Lah, udah berjam-jam muter ke sana-sini gue masih di Sumsel aja. Kalo gue balik Jakarta, ini gue udah bisa sampe Bakauheuni.

Oke balik lagi soal perjalanan menuju KKN. Kita ngelewatin banyak rumah apung di sepanjang perjalanan, dan kebanyakan dari rumah-rumah itu gak punya MCK layak. Iya, jadi untuk keperluan Mandi Cuci Kakusnya langsung berhadapan ke sungai. Pikiran bakal dapet dan ngerasain hal serupa kaya gitu terus ngebayang-bayangin gue dan mungkin juga hal yang sama terjadi di kepala temen-temen gue. Bukan apa-apa, gue gak kebayang gimana gue mandinya ntar, gimana kalo gue malem-malem mau pipis, duuuhhh. 

Sialnya, hal itu gak ganggu kita buat ngelewatin gimana serunya perjalanan kali ini. Pemandangan rumah-rumah gitu cuma sebagain kecil aja, sisanya itu...... ga ada apa-apa. Iya serius. Kalian pernah nonton film Anaconda? Nah, kurang lebih pemandangan yang gue dan temen-temen liat itu mirip sama scene yang ada di film Anaconda. Kita naik kapal kecil di sungai yang kiri kanannya itu cuma rawa dan pohon-pohon air yang entah apa namanya. Kalo orang-orang ngeluarin kepalanya di mobil yang atapnya bisa dibuka, gue dan temen-temen ngeluarin kepala dari dalem speedboat yang lagi melaju cepat. Sensasi saat bertemu ombak akibat ada kapal yang lewat itu demi apapun, seru banget. Oiya, kita sempet mampir ke warung apung gitu, nyobain kemplang bakar dan rasanya lebih enak dari yang pernah gue coba. 

Satu hal lagi yang bikin perjalanan ini semakin manis, sunset. Iya, kita dapet sunset dari tempat baru yang Masyaallah keren banget. Gue diem beberapa saat cuma buat menyaksikan sang bintang turun ke belahan bumi lainnya. Anyway, senjanya udah ilang, artinya sekarang udah malem dan kita masih di tengah sungai yang payau. Lampu sorot dari kapal, cahaya bulan dan banyak kunang-kunang di kiri kanan menemani sisa-sisa perjalanan. 

19.30 wib
Dari jauh udah mulai keliatan lampu-lampu yang menunjukkan adanya peradaban. Setelah beberapa kali ngelewatin perkampungan tapi ternyata bukan lokasi yang dituju akhirnya kita sampai di desa pertama tujuan kita, desa Sungai Lumpur. Fyuuuuh akhirnya sampai juga dan langsung nurunin barang. Bongkar muatan di darat aja udah ribet, apalagi di laut coba, apalagi malem. Riwehlah pokoknya malem itu.

Alhamdulilahnya gue dapet lokasi di desa pertama, soalnya 18 orang temen-temen lain sama satu dosen gue masih harus melanjutkan perjalanan mereka menuju desanya masing-masing. Gue gatau gimana kelanjutan mereka sampai di desanya, bayangan gue sih ngeri, malem-malem masih di tengah laut. Iya, dari mulai desa gue itu udah masuk laut, bukan sungai lagi, ombak laut tengah malem tau dong gimana. Desa Sungai Pasir buat kelompok 3 itu yang paling jauh, kira-kira masih 30 sampai 45 menit dari tempat gue.
Udah kelar? Wets, jangan sedih, keribetan ngangkutin barang itu masih berlanjut sampe akhirnya kita dapet homestay. Sementara gue dan kelompok gue bolak-balik ngangkutin barang, mungkin mereka baru pada nyampe.

Gb. 6. Rumah di sepanjang perjalanan 
Gb.7. Lagi nyuci 

Gb.8.  Pemandangan di sepanjang jalan

Gb.9. The scene look like Anaconda's film, isn't it?

Gb. 10. Bahagia amat, gaes (,--)
Gb.11. Singgah jajan di warung apung

Gb. 12. Menuju senja

Gb. 13. What a beautiful scene

Gb. 14. No filter needed
Sampai tiba di lokasi ini, gue gak ngeliat raut wajah kecewa sih, muka capek iya banyak, haha. Baiklah, ini baru awal dari keseruan KKN Hore gue dan kawan-kawan, masih ada banyak banget cerita yang bakal gue ceritain di post lainnya. Doakan saja semoga gak males nulisnya.

Dokumentasi: pribadai
#Tentang KKN Part 1

You May Also Like

0 komentar