Cerita Anak 90-an

by - 06:48

Heloo there,

Kata orang, kalo udah umur 17 tahun, udah punya KTP, trus udah boleh nonton film yang ada tulisan17+ itu artinya udah pada dewasa, nah trus masalahnya apa?
Yaa masalahnya kalo lo udah pada beranjak dewasa yaa lo bukan anak-anak lagi, it means bakal ada yang negor lo tiap kali lo nonton film kartun, tiap kali lo ngumpulin action figure favorite lo, pokoknya semua hal yang dulu kita lakuin pas jaman kia kecil dan masih dilakuin sampe sekarang.

Umm, berapa sih umur kalian sekarang? Oke biar cepet, gue anggep yang punya blog dan yang lagi pada baca postingan gue ini rata-rata udah pada diatas 17taun semua, dan karena gue kelahiran tahun sembilan tiga, jadi gue anggep rata-rata dari kalian yang baca ini lahir tahun 90-an juga. Agak maksa emang, tapi bodo amatlah, haha. 

Ngomong-ngomong soal tahun 90-an, gue termasuk salah satu anak yang merasa beruntung bisa lahir di tahun ini. Kenapa? Soalnya gue gak kehilangan masa kecil gue kaya anak-anak sekarang.
Emang pas lo kecil ada apaan? Emang apa yang bisa dibanggain sama anak yang lahir taun 90-an? Oke, kita bakal kupas ini secara mendalam, sedalam aku mencintaimu, halah.
So, inilah sedikit cerita tentang anak 90-an,

1. Film
Gue bakal akan sangat senang menunggu dan menanti datangnya hari minggu saat jaman ini. Meskipun tiap hari sekolah kalo dibangunin susah, tapi percaya deh gue bakal bangun sendiri pagi-pagi banget cuma biar gak ketinggalan film kartun hari minggu. Dan remot tipi akan selalu gue kuasain pas hari ini. Hahaha
Nih yaa dek, gue kasih tau aja, dulu pas jaman gue itu, film kartun dihari minggu full dari setengah 6 pagi sampe setengah 12 siang. Pagi-pagi itu ada Chibi Maruko Chan, trus ada P-Man, ada Hamtaro, Crayon Shincan, Doraemon, Ninja Hatori, Pokemon, Digimon, Dragon Ball, Hey Arnold, huaaaa banyak deh pokoknyaaaa, gue aja hampir apal semua soundtrack filmnya. Coba sekarang? Paling cuma Doraemon yang masih bertahan, itu juga suara Nobitanya udah aneh banget. Terus sisanya pagi-pagi diisai sama acara infotaiment dan reality show-reality show gapenting itu.

Rindu mereka ga sih? Gue sih iya banget
2. Lagu
Sedih gue ngeliat adek-adek gue, anak-anak SD jaman sekarang kalo nyanyi lagunya lagu cinta-cintaan semua. Emang mereka ngerti artinya? Kalopun mereka ngerti ini tuh belum pas buat umur kaya mereka. Anak-anak yang harusnya punya cita-cita tinggi dengan dimotivasi melewati nyanyian malah dicekokin kata-kata cinta yang sama sekali gak pentes buat anak seumuran mereka. Kenapa bisa terjadi? Entahlah gue juga gangerti. Bukannya gaada penyanyi cilik, ada kok tapi sama aja wong penyanyi ciliknya juga nyanyiin cinta-cintaan juga *sigh
Coba jaman gue dulu, anak 90-an mana coba yang gak kenal sama Chiquita Meidy, sama Maissy, sama Trio Kwek-Kwek? Pasti tau semua. Tiap hari sama nyokap selalu diputeri lagu-lagu mereka, gue punya kaset, vcd, bahkan sampe nomer telpon Meisy -yang entah dapet darimana- pun dulu gue punya. Sampe sekarang gue masih hapal sebagian besar lagu-lagu mereka.

Gue punya kaset ini!!!!
Ini juga punyaaa!!!
Jumpa lagi, dengan meisy disini..
.......
Maissy senang teman-teman senang semuanya senang..
Bergembira kita berkumpul bersama~ (Maissy - Jumpa Lagi)

atau ini

Australia negeriku, katanya katanya..
Aborigin sukunya, katanya katanya..
Bumerang senjatanya, wow wow
Kangguru binatangnya~ (Trio Kwek Kwek - Katanya)

See? Liriknya ga ada yang ngegambarin kisah cinta-cintaan, pait manisnya idup, curhatan gajelas, yap bener-bener pure isinya cuma pengetahuan sama seneng-seneng aja. Iya layaknya anak-anak :)

3. Mainan
Apa yang ada dipikiran lo waktu lo liat anak kelas 2 SD dikasih smartphone sama orangtuanya? Atau anak kelas 5 SD diizinin naik motor sama orangtuanya? Oke mungkin zaman emang udah berubah. Tingkat kebutuhan manusia semakin berkembang dan meningkat. Disebutkan bahwa pada era globalisasi ini semua teknologi berkembang sangat cepat. Mainan jaman sekarang emang jauh lebih canggih ketimbang jaman kita dulu, tapi itu semua gak ngajarin ke anak-anak itu gimana caranya sosialisasi ke dunia luar. Anak-anak akan menjadi lebih bersikap individualis karena asik dengan dunianya sendiri, mereka bisa asik bermain tanpa memperdulikan ada atau tidaknya seorang teman. Padahal di masa inilah kemampuan komunikasi anak dilatih. Anak 90-an pasti tau ini lagi pada main apa? Iya, main gundu, main bentengan, main petak umpet, main barbie yang dari kertas itu atau sekedar tukeran kertas binder. Duh kan rindu.

pic via kaskus

pic via google

Sementara snak-anak sekarang lebih seneng dengan facebook ketimbang gebuk-gebuk pantat dandang pake kentongan. Anak-anak sekarang lebih seneng naik motor ketimbang lari-larian sama kawan sampe gempor, anak-anak sekarang lebih seneng main Iphone di kamar ketimbang main petak umpet sampe mama berkoar. Anak-anak sekarang lebih jago ngelawan orang yang lebih tua dibanding ngelawan musuh di nintendo. Walaupun anak sekarang punya mainan canggih yang mencapai harga puluhan juta di kamarnya, ga bakal nandingin gimana serunya punya sejuta kawan yang manggil ngajak main di halaman rumahnya :)

Well gimana pun anak sekarang tetep mereka merupakan adik-adik kita calon penerus bangsa ini juga. Jadi tetep jaga adik kita supaya gak keseret sama kencengnya arus globalisasi di zaman serba high tech ini hihi

Sekian, 

You May Also Like

0 komentar